Herny Nilawati, S. Pd, M. Pd. I

Saya menyukai menulis dan tempat kerja saya di MTsN 12 Banyuwangi. Inginnya menjadi sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Traveling dan olahraga ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEDIA PEMBELAJARAN  MENCARI KATA DENGAN APLIKASI PUZZLE MAKER  (Tantangan Hari ke5)

MEDIA PEMBELAJARAN MENCARI KATA DENGAN APLIKASI PUZZLE MAKER (Tantangan Hari ke5)

MEDIA PEMBELAJARAN

MENCARI KATA DENGAN APLIKASI PUZZLE MAKER

(Tantangan Hari ke-5)

#tantanganGurusiana

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, sangat memudahkan guru dalam membuat media pembelajaran untuk siswa. Guru bisa mencari aplikasi-aplikasi di internet tentang model-model media pendukung pembelajaran baik secara online maupun offline. Namun semua ini tergantung kepada guru untuk mau belajar dan mau berubah menuju cara mengajar yang sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk itu semua, seorang guru juga dibutuhkan waktu, tenaga dan pikiran dalam menggali pengetahuan.

Aplikasi puzzle Maker salah satunya aplikasi yang membantu guru dalam membuat media pembelajaran game mencari kata. Word search puzzle maker adalah permainan pencarian kata dalam kumpulan huruf yang tersusun secara acak yang berbentuk persegi panjang. Dalam permainan ini pemain harus menemukan susunan kata yang tersembunyi di dalam persegi panjang tersebut. Kata-kata yang tersembunyi dapat ditemukan secara horizontal, vertikal dan diagonal.

Cara membuat game mencari istilah dengan menggunakan Puzzle Maker

1. Ketikan di laman Google puzzle maker

2. Pilih Welcome to Discovery Education’s Puzzlemaker Create

3. Pilih Word search dan klik

4. Maka akan muncul step 1, step 2, step 3, step 4, step 5, step 6

5. Step 1 dengan judul game

Contoh: Mencari Istilah tentang Drama

6. Step 2 adalah jumlah kata kesamping dan ke atas minimal 15 kata maksimal 40 kata. Kita boleh mengubah sesuai dengan keinginan kita.

7. Step 3, step 4 dan step 5 tidak usah diisi.

8. Step 6 isilah dengan istilah kata-kata yang kita inginkan sesuai judul

Contoh: kramagung, wawancang, dialog, instrinsik, setting, blocking dll

9. Setelah diisi kemudian klik create my puzzle.

10. Maka akan muncul game mencari istilah

11. Kemudian langsung print atau kita printscreen dan copy di word lalu diprint.

12. Dan siap diberikan kepada siswa.

13. Selamat mencoba dan mari berkarya dan terus berkarya.

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif. Terimakasih ilmunya

21 Jan
Balas



search

New Post